Mengoptimalkan Facebook Fan Page dan Facebook Ads
untuk Bisnis Anda
Anda pebisnis yang sedang memikirkan
cara untuk promosi? Mungkin Anda tertarik untuk memasang iklan di media massa.
Itu tidak menjadi kendala selama Anda memiliki budget yang cukup untuk memasang
iklan di media massa. Namun jika Anda pebisnis start-up yang
ingin tetap melakukan promosi, Anda bisa menyiasati pengeluran besar dana
promosi di media massa itu dengan promosi melalui internet atau online.
Mempromosikan bisnis Anda secara online
bisa dengan berbagai cara salah satunya melalui sosial media. Di Indonesia
sosial media yang paling banyak digunakan adalah Facebook. Dilansir dari
kompas.com Indonesia merupakan salah satu negara dengan jumlah RGA Facebook
terbesar di dunia. Jumlah pengguna aktif bulanan Facebook di Tanah Air mencapai
kisaran 82 juta orang pada 2015.
Jumlah 82 juta berlaku untuk pengguna
aktif bulanan, yakni mereka yang mengakses Facebook paling tidak sekali dalam
waktu satu bulan. Untuk pengguna aktif harian (daily active user) yang selalu
membuka Facebook tiap hari, angkanya tercatat sebesar 43 juta. Dan sebagian
besar (94 persen) dari 82 juta pengguna Facebook Indonesia mengakses jejaring
sosial tersebut dari perangkat mobile.
Dengan tingginya pengguna Facebook di
Indonesia itu, bisa Anda manfaatkan menjadi peluang dalam promosi dan mengembangkan
bisnis Anda.
Facebook memiliki dua akses yang memang
disediakan untuk promosi yaitu Facebook Fanpage dan Facebook Ads. Meskipun
berfungsi sama, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda. Facebook
Fanpages dapat Anda manfaatkan secara gratis untuk kepentingan bisnis,
sedangkan untuk Facebook Ads, Anda harus merogoh kocek untuk dapat
memanfaatkannya.
Anda tentunya tetap harus memerhatikan
penggunaan dua feature dari Facebook ini ketika menggunakannya sebagai sarana
dalam mempromosikan Bisnis Anda. Beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk
memaksimalkan Facebook Fanpage dan Facebook Ads dapat Anda simak disini.
Facebook Fanpage merupakan fasilitas
yang bisa Anda maksimalkan dalam bisnis Anda di Internet. Fanpage dapat
digunakan secara gratis oleh pengguna Facebook.
Mengapa Facebook Fanpage? Hal ini
dikarenakan Facebook personal terbatas hanya bisa menampung 5000 teman, lain
halnya dengan Facebook Fanpage, Fanpage bisa menampung teman dalam bentuk like
tidak terbatas.
Maksimalkan Facebook Fanpage Anda dengan
strategi konten marketing. Buatlah perencanaan konten marketing terlebih
dahulu. Konten yang terencana membantu pemasar atau pebisnis untuk menentukan
arah strategi konten pemasaran yang akan dilakukan. Beberapa perencanaan konten
tersebut bisa berisi kapan status akan di-publish serta isi
statusnya.
Ada beberapa cara untuk memaksimalkan
isi konten marketing di Facebook. Salah satunya dengan memposting artikel
secara rutin. Akan lebih baik jika artikel tersebut berupa artikel yang telah
di publish di website bisnis Anda. Kemudian cantumkan link artikel
yang telah terpublish itu di halaman Fanpage Anda. Sesuaikan
tampilan antara feature image, description dari link Anda
dengan copywrites yang akan Anda gunakan.
Ingatlah untuk selalu membagikan konten
yang bermanfaat bagi fans Anda. Banyak orang ingin melihat
konten yang menarik dan original. Hindari hard selling atau
mempromosikan produk dan merek Anda secara langsung dan terus menerus, karena
orang pasti akan bosan melihat halaman Facebook Anda.
Perhatikan juga informasi yang tengah
marak. Anda bisa memanfaatkan itu untuk mencuri perhatian melalui Facebook
Fanpage. Hari-hari besar nasional dan event khusus juga bisa Anda manfaatkan
untuk memperkaya tema konten di halaman Facebook.
Tips :
- Buatlah
Artikel dengan tips and trick mengenai produk Anda atau terkait dengan
brand Anda
- Jangan
lupakan link artikel yang Anda cantumkan. Gunakan bitly.com untuk mengatur
nama pada link artikel
- Update
status dengan konten berisi quotes, meme, status
update mengenai promo atau produk terbaru atau status yang interaktif agar
terciptanya engagement pada konsumen
- Jadwalkan posting secara rutin dan konsisten
Facebook Fanpage memiliki feature penjadwalan
secara otomatis. Anda bisa memanfaatkannya untuk konsistensi postingan pada
Facebook Fanpage Anda. Feature ini memungkinkan Anda menjadwalkan posting 40
menit hingga enam bulan dari schedule. Hal ini dapat Anda
manfaatkan untuk memudahkan dan menghindari lupa menjadwalkan post.
Tujuan utama dari pembuatan Fanpage
Facebook ini adalah memperbanyak jumlah likes pada halaman untuk
meningkatkan brand awareness dan engagement
brand Anda. Jadi fokuslah pada memperbanyak likes!
Jumlah likes adalah
jumlah calon konsumen Anda. Semakin besar jumlah likes, maka
semakin besar calon pembeli. Buatlah target jumlah like yang ingin Anda
peroleh, kemudian jangan lupa lakukan monitoring, pastikan target dapat
tercapai.
Tips :
- Jika Anda
sebagai admin, undanglah teman-teman Anda untuk menyukai Facebook Fanpage
Anda
- Kerjasama
dengan admin Facebook lain untuk mempromosikan Fanpage Anda
- Asah
kreatifitas Anda dalam membuat post. Buatlah postingan yang
mengundang banyak komentar
- Buat fans Anda
di Facebook tergerak untuk memberikan likes dan share pada
postingan Anda
- Mengiklankan
Facebook Fanpage Anda
Jangan lupakan mengenai bahwa Facebook
Fanpage ini merupakan jembatan antara Anda dengan konsumen. Jangan bersikap
seperti robot saat mengelola Facebook Fanpage. Aktiflah membangun percakapan
dengan fans. Percakapan sangat penting untuk membangun relasi
dengan calon konsumen. Jika ada pertanyaan, responlah maksimal 1×12 jam.
Facebook Ads
Facebook ads adalah fitur yang
ditawarkan oleh Facebook untuk mempromosikan atau mengiklankan suatu bisnis
produk/jasa dengan jangkauan yang berbeda dan dapat diatur oleh pemasang iklan
tersebut.
Iklan dari Facebook lebih dapat
menjangkau banyak orang dibandingkan Fan Page. Keuntungan dari Facebook ads
sendiri adalah pemasang iklan dapat menentukan target pemasaran iklannya,
misalnya jangkauan umur, wilayah, sampai ke minat atau behaviour pasar.
Harga untuk memasang iklan pada Facebook
ini beragam tergantung pada luas jangkauan yang ingin dicapai.
Meskipun sejumlah pengaturan telah
diatur otomatis oleh Facebook, kita tetap harus melakukan strategi agar
Facebook Ads dapat lebih efektif.
Tips :
- Pilih Ads yang Sesuai Kebutuhan
Facebook ads memiliki beberapa kategori
seperti Page Post Engagement, Page Likes, Clicks to Website, Website
Conversion, Apps atau Events. Anda bisa memilih iklan apa
yang cocok untuk bisnis Anda
- Pilih
Target Iklan
Right message to right people merupakan prinsip dari pernagetan iklan yang
akan kita promosikan. Jangan memilih umum, jika memang produk Anda mempunyai
segmen tertentu. Hal ini juga sebagai strategi brand engagement pada
konsumen.
- Gunakan
Sponsor Story
Ads ini bekerja dengan menargetkan teman
dari fans. Sponsor Story dapat tampil di sidebar, newsfeed pc/laptop,
atau newsfeed Facebook mobile. Fitur seperti Sponsored Story lebih
efektif mendapatkan trafik. Karena sesuatu yang disponsori atau direkomendasi
teman biasanya akan lebih memiliki konversi lebih besar.
- Tes dengan
CPC dan CPM
Sesuaikan dengan bisnis apa yang Anda
tawarkan. Apabila Anda mengiklankan suatu produk Anda bisa set ke CPC
(Cost Per Click). Namun jika Anda mengiklankan jasa, bisa coba CPM (Cost Per Mile).
- Cek rutin
landing page dan performa iklan Anda!
Itulah beberapa tips untuk mengotimalkan
Facebook Fanpages dan Facebook Ads untuk bisnis Anda. Jika dimanfaatkan dengan
baik dan optimal, fitur promosi ini bisa sangat positif terhadap brand Anda.
Apalagi jika dilihat dari penggunanya yang sangat banyak di Indonesia.
Selamat mempromosikan brand Anda!
Brand BISNIS Zaman NOW
bit.ly/DaftarBisnisYanis
No comments:
Post a Comment
http://bit.ly/mbahwir